Minggu, 22 Januari 2012

Hal-hal yang perlu diketahui sebelum membeli sepeda

Dapat kita lihat sekarang kegiatan bersepeda sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Urban, banyak masyarakat yang sudah mulai menyukai kegiatan bersepeda, hal ini menyebabkan meningkatnya pembelian sepeda, sebelum membeli sepeda ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kita tidak merasa tertipu saat membeli sepeda jangan sampai kita tertipu dengan harga yg murah, tapi kualitasnya abal-abal.



Pertama jika kita ingin membeli sepeda hal yg harus diperhatikan adalah jenis sepeda apa yg kita inginkan,dan kegunaannya, ada beberapa jenis sepeda yg banyak beredar di pasaran skrng, antara lain; 


Jenis Sepeda gunung (MTB), Roadbike (Sepeda lipat, Sepeda balap,Sepeda Triathlon,Sepeda Minivelo), Sepeda Hybrid,Sepeda Onthel, Sepeda BMX dan yg skrng lagi booming yaitu Sepeda Fixie.

Kedua setelah  memilih sepeda yg pas , yg harus diperhatikan adalah komponen dari sepeda tsb, beberapa kompoen penting yg harus diperrhatikan antara lain;

Jenis dan bahan frame/rangka sepeda, Groupset/Gear susun, Crank/engkol, pedal, Bottom Bracket, brake/rem, wheelset(Hub,velg,jari2,ban,ban dalam), suspensi(Fork depan dan suspensi belakang) khusus untuk MTB.

Untuk jenis dan bahan frame  ada beberapa bahan frame yg bnyak dijual di pasaran antara lain; Besi, aluminium (Alloy), Carbon, High Modulus Carbon dan Titanium, semakin ringan frame yg dipakai sepeda semakin tinggi harganya tetapi semakin nyaman saat di Gowes.

Selanjutnya untuk groupset/ gear susun biasanya hanya sepeda dari jenis MTB, Roadbike dan Hybrid yg memakai Groupset, groupset terdiri dari beberapa komponen antara lain; Rear derailleur (RD), Front derailleur(FD), Shifter/Brifter(untuk sepeda balap,minivelo, sepeda triathlon), rantai, Disc  Sprocket(gear susun).  Untuk pemilihan groupset yg harus diperhatikan adalah merk dan jenis groupset, ada 3 merk pabrikan groupset yg sering dipakai di sepeda diantaranya, Shimano, SRAM dan Campagnolo, tetapi yg lazim dipakai di Indonesia adalah merk Shimano. Antara sepeda gunung(MTB) dan Roadbike jenis groupset yg dipakai berbeda, biasanya untuk sepeda MTB groupset yg digunakan memiliki ciri RD yg panjang dan sprocket yg besar, sedangkan untuk Roadbike cirinya RD yg pendek dan sprocket yg kecil. Bedanya juga terletak pada bobot groupset biasanya groupset yg digunakan untuk Roadbike lebih ringan dibanding MTB.

Ada beberapa produk shimano yg wajib diketahui sebagai referensi dlm pembelian sepeda

Untuk sepda MTB dan sepeda Hybrid groupset Shimano antara lain :
1.       Shimano TZ (Non series)
2.       Shimano Tourney (low end series)
3.       Shimano Altus (low end series)
4.       Shimano Acera (low end series)
5.       Shimano Alivio ( Middle end Series)
6.       Shimano Deore (Middle end Series)
7.       Shimano SLX (High end Series)
8.       Shimano XT (High end Series)
9.       Shimano XTR (Premiun Series)

Semakin tinggi tingkatan groupset yg dipakai pada sepeda semakin tinggi pula harganya

Sedangkan untuk Roadbike Groupset Shimano antara lain:
1.       Shimano 2300(Non series)
2.       Shimano Sora (low end series)
3.       Shimano Tiagra (low end series)
4.       Shimano 105 (Middle end Series)
5.       Shimano Ultegra (High end Series)
6.       Shimano Dura Ace (High end Series)
7.       Shimano D12 (Premium Series)

Sama seperti Groupset untuk MTB Semakin tinggi tingkatan groupset yg dipakai pada sepeda semakin tinggi pula harganya.

Setelah melihat jenis groupset yg dipakai kita juga harus memperhatikan juga bagian crank/engkol, Bottom bracket, dan pedal pada sepeda yg ingin kita beli.  Dalam pemilihan crank dianjurkan memilih crank yg terbuat dari bahan aluminium karena akan terasa enteng saat di Gowes, untuk crank pada MTB dan sepeda Hybrid biasanya memiliki 3 susun gear/ 3 speed, sedangkan untuk sepeda road bike biasanya terdiri dari 2 susun gear/2 Speed, dan untuk Fixie dan BMX hanya memiliki 1 gear/1 Speed, Untuk bagian bottom bracket dan pedal sebaiknya kita memilih yang sudah memakai teknologi sealed bearing, karena lebih tahan lama dibanding yang memakai Gotri/pelor, skrng juga sdh ada jenis crank dan bottom bracket pabrikan Shimano yg memakai teknologi Hollowtech 2 walaupun harganya sedikit mahal tetapi lebih tahan lama dan sangat terasa nyaman pada saat di Gowes.

Sebagai referensi dalam pemilihan sepeda disini akan saya cantumkan merk2 crank yg memiliki kualitas baik dan banyak dipakai

1.       Shimano (berbagai jenis untuk sepeda MTB dan Roadbike)
2.       Suntour (kebanyakan untuk sepeda MTB)
3.       United Component
4.       Sugino (Fixie)
5.       Prowheel (Fixie)
6.       FixGear Pro (Fixie)
7.       Samox (BMX)
8.       dll

Selanjutnya komponen yg harus diperhatikan pada saat ingin membeli sepeda adalah Brake/rem, untuk sepeda jenis MTB maupun hybrid biasanya memakai 2 jenis rem yaitu V-brake dan Disc Brake/rem cakram. Sepeda yg menggunakan disc brake biasanya sedikit lebih mahal dibanding sepeda yg masih memakai V-brake, untuk disc brake ada 2 jenis yaitu mekanik disc brake dan Hydraulic disc brake, untuk Hydraulic disc brake biasanya digunakan pada sepeda2 MTB High end series yg harganya sdh pasti mahal.

Sedangkan untuk Roadbike biasanya jenis rem yg digunakan adalah jenis U-Brake, untuk Fixie dan BMX biasaya menggunakan rem dgn tipe torpedo, yg dipasang pada Hub belakang, tetapi  sudah banyak sepeda BMX yg memakai jenis rem V-brake, Rem jenis U-brake jga sering dipasang pada sepeda jenis Fixie yang menggunakan sistem doortrap

Sebagai referensi jika ingin membeli sepeda ada beberapa merk rem yg secara kualitas baik, antara lain:
1.       Shimano
2.       Tektro
3.       Bengal
4.       Hope
5.       Formula
6.       Avid
7.       Radius
8.       Promax

Bagian selanjutnya yang harus diperhatikan dalam pemilihan sepeda adalah Wheelset/Roda, bagian wheelset terdiri dari; Velg, jari-jari, hub/As dan freehub, ban dalam dan ban luar.  Dianjurkan untuk memilih ban dgn bahan karet atau nylon dgn kualitas baik, sedangkan untuk bagian velg dan Hub sebaiknya memakai yg berbahan alumunium

Ada beberapa merk velg yg sering dipakai dan memiliki kualitas bagus
Untuk sepeda MTB dan roadbike  antara lain;
1.       Alexrims
2.       Polygon
3.       United
4.       Mavic
5.       Fulcrum
6.       Shimano
7.       Bontranger
8.       dll

Sedangkan merk ban yg memiliki kualitas baik dan banyak digunakan antara lain:
1.       United
2.       CST
3.       Kenda
4.       Maxxis
5.       Schwalbe
6.       dll

Untuk sepeda Fixie ada beberapa merk velg yg sering digunakan dan memiliki kualitas yg baik antara lain:
1.       United
2.       Ertro
3.       Viva
4.       Alexrims
5.       Samsons
6.       Arraya
7.       Zipp
8.       dll

Untuk sepeda Fixie banyak pilihan merk lain, disarankan untuk memakai velg yg berbahan dasar aluminium dan memiliki brake line pada velg nya.
Untuk ban sepeda Fixie dapat menggunakan ban jenis sepeda balap yaitu ukuran 700c. merk yg dpt dijadikan referensi sama seperti pada sepeda MTB diatas.

Untuk pemilihan Hub diasarankan untuk memilih hub yang sudah menggunakan teknologi sealed bearing dan berbahan alumuniun.
Untuk teman2 yang ingin membeli MTB hal yg harus diperhatikan juga adalah pemilihan suspensi pada MTB yg ingin dibeli, Suspensi berfungsi untuk meredam getaran pada saat mengendarai MTB di medan yang ekstrem, jenis sepeda MTB secara umum dibagi menjadi dua jenis yaitu sepeda MTB Hardtail (hanya memiliki suspensi dibagian Fork depan) dan MTB Fullsus (memiliki Suspensi di bagian fork depan dan dibagian frame sepeda). Dalam pemilihan suspensi yang harus diperhatikan adalah kualitas redaman yang dihasilkan suspesi, semakin soft/lembut redaman yang dihasilkan oleh suspensi semakin bagus kuaitas suspensi tersebut, disarankan juga untuk memilih suspensi yang dapat diatur tingkat redamannya, biasanya terdapat adjustable switch pada suspensi tersebut.

Sebagai referensi dalam pembelian sepeda ada beberapa merk suspensi yang banyak terpasang pada sepeda MTB, diantaranya :
1.       ZOOM
2.       RST
3.       Suntour
4.       FOX
5.       ROCKSHOX
6.       Epicon
7.       dll

Dalam pemilihan suspensi dapat disesuaikan dgn fungsi sepeda MTB yg ingin  dibeli (apakah untuk digunakan untuk medan Off road atau hanya untuk pemakaian sehari-hari)

Dan terakhir yang harus diperhatikan pada saat ingin membeli sepeda adalah komponen2 sepeda lainnya seperti, Handle Bar/setang, Stem, seatpost dan sadel. Disarankan untuk memilih sepeda yang sudah memakai setang, stem dan seatpost yg sudah berbahan Alumunium, untuk sadel dianjurkan untuk memilih sadel dengan permukaan lebar dan terbuat dari bahan gel untuk kenyaman saat kita bersepeda.


6 komentar:

gilang tata mengatakan...

mantap om! ntar aku kopas konten buat di web sepedaku boleh? hehehe

Iwa Gandiwa Dhiras mengatakan...

Mau tanya, om. Sy punya sepeda heist dengan fork 63mm. Kalo sy mau ganti fork, bs gak sy pake fork yg 80mm ato 100mm? Apa tidak berpengaruh ke frame sepeda kalo sy menggunakan fork yg bukan 63mm?

Mohon petunjuk om :D

Imam Malik mengatakan...

ma'af om, mau tanya kalo bengkel/toko di sekitar karawang di mana aja y, boleh d share dong, :)
coz baru sih d karawang & blm sempt ngebolang..
:)

apezorchid mengatakan...

juara artikelnya gan, makasih

Anonim mengatakan...

mau tanya om, aku pngen beli sepeda nih... kira kira tingkatan sepeda menurut merknya di indonesia ini bwat goes pa ya om???

Anonim mengatakan...

sy sih mau beli spdah pasific,gmna ya kira" bgus atau tdk kualitas framenya?

Poskan Komentar

 
Copyright 2009 Let's Act Beyond Green. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator