Bagi sebagian orang bersepeda adalah suatu kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan, badan dapat menjadi bugar dan sehat jika kita rutin bersepeda, namun masih banyak juga orang yang sering bersepeda tetapi belum mengenal sepeda yang mereka tunggangi, tulisan saya kali ini akan membahas tentang komponen-komponen apa saja yang ada pada sepeda kesayangan anda
Handle Bar
Lebih dikenal dengan stang kemudi, pada MTB ada beberapa jenis Monkey bar, Rise bar dan Standart bar. Handle bar adalah
kokpit sepeda kita, kontrol gigi transmisi, rem depan-belakang terdapat di
handlebar ini. Pilihlah handle bar yang sesuai dengan kebutuhan anda.
Top Tube
Merupakan bagian dari frame sepeda bagian atas, Tips: Sesuaikan ukuran frame
dengan tubuh anda
Down Tube
Merupakan bagian dari frame sepeda, melitang dari HeadSet
terhubung langsung dengan top Tube Seat, Stay dan Rumah
BB (buttom Bracket)
Shifter
Grupsets (komponen) pemindah gigi tranmisi, berfungsi untuk menggerakan FD
(front derailleur) dan RD (rear derailleur), Shifter yang beredar dipasaran
untuk penggerak RD mencapai 9 – 10 speed, untuk Shifter FD biasanya hanya
terdiri 2 – 3 speed.
Handgrip
Adalah pembungkus Handlebar (stang kemudi) berbahan karet/tape tergantung
kebutuhan. Usahakan Handgrip tidak berputar pada handlebar saat kita
berkendara, handgrip yang terlalu tebal atau terlalu tipis mengurangi
kenyamanan kita dalam bersepeda.
Brake Lever
Tuas Rem (depan-belakang) posisikan Brake laver dengan benar sesuaikan dengan
kenyamaan anda ketika bersepeda, usahakan jari tangan dapat meraih dengan mudah
lever (tuas).
HeadSet
Bagian depan Frame yang didalamnya terdapat bearing dan
komponen lainnya yang berfungsi untuk menghubungkan Fork(suspensi) depan dengan
stem dan handlebar.
Stem
Merupakan bagian kokpit sepeda kita, berfungsi untuk menghubungkan handle bar – Headset dan Fork(suspensi) depan. Stem tersedia
dalam beberapa ukuran untuk suspensi depan yang panjang (long travel) bentuk
stem berbeda dengan stem standart, Tips: jika anda merasa stem anda terlalu
panjang dan kita bersepeda terasa membungkuk anda bisa menggantinya dengan
ukuran stem yang pendek.
Sadel
Sadel – tempat duduk pengemudi, untuk sepeda MTB biasanya berukuran lebih tebal
dibandingkan dengan roadbike. Atur posisi Sadel supaya benar-benar lurus
(horizontal), atur maju dan mundurnya sandel usahakan tidak terlalu jauh atau
terlalu dekat dengan hadle bar.
Tips:Posisi yang tidak tepat akan mengakibatkan tidak nyaman ketika bersepeda
pada kasus serius mengakibatkan cidera pinggang.
SeatPost
Dudukan Sadel (sadle) penghubung antara sadel dengan frame sepeda, posisi
vertikal sesuaikan dengan kenyamanan anda. Tips:cobalah naik sepeda pada posisi
berhenti, luruskan kaki anda hingga benar2 meraih pedal. Jika posisi kaki masih
terlihat dan dirasa masih tidak lurus padahal posisi pedal sudah dibawah hal
ini pertanda bahwa seatpost anda kurang tinggi. Aturlah seatpost hingga
benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda.
Seat Stay
Merupakan bagian belakang frame. Untuk MTB dual suspension Seat Stay biasanya
berupa swingarms (lengan ayun) terhubung dengan frame menggunakan suspensi
belakang.
Pedals
Kayuhan. Merupakan komponen memutar Buttom Bracket dan Crankset sehingga sepeda
bisa bergerak (digerakan ketika kita mengayuh sepeda).
Crank Set
Komponen lengan yang menghubungkan pedals dengan chainrings.
Chain Ring
Merupakan komponen tranmisi gigi depan (biasanya terdiri dari 2 -3 Chain
Rings). Berfungsi menghubungkan rantai dengan Crankset.
Chain
Rantai. Merupakan komponen yang sangat vital fungsinya karena inilah yang
bertugas menghubungkan Crankset Chain Ring dengan komponen Roda belakang,
sehingga sepeda dapat melaju.
Idler Pulley
Merupakan bagian dari Rear Derailleur (RD), berupa gir (gigi) kecil disertai
tension (biasanya berupa per-pegas) yang berfungsi agar chain (rantai) tetep
lurus dan tidak kendor.
Front Derailleur
Merupakan komponen vital pada sepeda MTB, berfungsi mengatur pemindahan gigi
depan (chain rings). Lebih dikenal dengan istilah FD, terhubung langsung dengan
Shifter.
Rear Derailleur
Merupakan komponen vital pada sepeda MTB, berfungsi mengatur pemindahan gigi
belakang. Lebih dikenal dengan istilah RD, terhubung langsung dengan Shifter.
Rims
Merupakan komponen Wheelset (roda) lebih di kenal dengan Pelak (pelek) sepeda.
Tire
Ban. Terbuat dari karet, Tips:sesuaikan jenis dan ukuran ban dengan kebutuhan
anda. Ukuran ban untuk jenis aspal (road) biasanya tapak kecil dan motif
standart. Untuk ada yang menggemari offroad atau bahkan
downhill pilihlah jenis ban dengan tapak lebar dan motif khusus full offroad.
Front Fork
Suspensi depan, Merupakan bagian sepeda yang berfungsi menghubungkan roda
(whellset) depan dengan kemudi (handlebar). Fork yang beredar di pasaran
tersedia berbagai jenis, merek dan ukuran. Tips:sesuaikanlah jenis dan ukuran
fork dengan kebutuhan anda, untuk medan aspal gunakan fork dengan panjang
travel standart, sedangkan untuk penggemar downhill biasanya menggunakan travel
yang panjang.
Master Discbrake (digunakan pada sepeda Jenis MTB)
Merupakan komponen Brake (rem), merupakan rumah bagi kampas rem. Komponen ini
berfungsi untuk menjepit dishbrake ketika kita melakukan pengereman.
Untuk jenis Brake konvensional (V-brake) komponen ini tidak ada fungsinya
digantikan oleh brakepad.
DiscBrake/Rotor (digunakan pada sepeda Jenis MTB)
Cakram, berupa piringan terhubung langsung dengan wheelset baik depan atau belakang.
Untuk jenis V-brake komponen ini tidak ada.
Spokes
Jari-jari Roda, menghubungkan Hub dengan Rims (velg).
Hub
Terletak ditengah roda disinilah jari-jari dan Rims (pelak) terhubung. Komponen
didalamnya terdapat bearing (gotri).
0 komentar:
Posting Komentar