Minggu, 22 Januari 2012

Ayo Rakit Sepeda Fixie mu


Fixie atau sepeda Fixed Gear siapa yang tak kenal dengan sepeda tersebut.  Fenomena sepeda Fixie sedang menjadi sorotan publik, baik dari kalangan anak2 muda hingga kalangan orang tua semuanya sedang dilanda demam sepeda Fixie.  Apa itu sepeda Fixie? Apakah semua orang sudah mengerti terminologi sepeda Fixie ? apakah sepeda berwarna-warni dengan setang pendek atau melengkung ke bawah dan tanpa gigi yang berpindah disebut Fixie? Ataukah ukuran ban 700c dan tipis menjadi patokannya? Atau apakah hanya karena kelap-kelip lampunya dan tidak memiliki rem, Semua itu Salah !!

Fixie adalah istilah yang digunakan pertama kali di Amerika Serikat untuk menyingkat ‘fixed gear’ berarti gear yang mati atau paten. Fixed gear adalah soal gear belakang yang dibuat mati dengan hub/As roda belakang.  Jadi, lebih dari sistem penggeraknya, bukan bagaimana tampilannya. Pada awal mula perkembangannya sepeda fixie adalah sepeda yang populer dari event balapan Track bike yang biasanya dilakukan di dalam sebuah Velodrome.

Setelah kita mengenal sepeda Fixie sekarang barulah kita dapat berpikir bagaimana cara untuk mendapatkannya, sekarang ini sudah banyak toko yang menjual sepeda Fixie fullbike dengan harga yang bervariasi, namun jika kita memilih untuk merakit sepeda Fixie sendiri hal tersebut tidak mustahil untuk dilakukan, karena sekarang sudah banyak toko-toko sepeda yang menyediakan part fixie dengan harga dan merk yang beragam dan dapat diesesuaikan dengan budget masing-masing.

Jika kita lebih memilih untuk merakit sepeda Fixie sendiri ada beberapa komponen wajib yang harus dibeli agar dapat merakit sebuah sepeda Fixie.  Komponen penting tersebut antara lain :
  1. Frame Sepeda Fixie (dapat memanfaatkan frame sepeda balap  lama/MTB)
  2. Setang (ada 4 jenis setang yaitu flat bar, rise bar, drop bar dan bullhorn)
  3. Stem/Bango
  4. Adaptor setang dan Spacer
  5. Headset
  6. Seatpost
  7. Seatclamp
  8. Sadel
  9. Crank/engkol
  10. Bottom Bracket/BB
  11. Pedal (disarankan memakai pedal yng memiliki toe clip atau toe straps)
  12. Velg (memiliki ukuran lebar velg yang bervariasi mulai dari 3cm sampai 5cm)
  13. Jari-jari dan Nipple
  14. Hub/As (disarankan untuk memilh Hub yang sudah memakai Bearing)
  15. Cog (gear untuk penggerak yang dibuat mati pada hub belakang)
  16. Rantai khusus Fixie
  17. Ban luar ( biasanya menggunakan ukuran ban 700c)
  18. Ban dalam
  19. Rem (disarankan memakai rem untuk para pemula)

Setelah semua komponen tersebut didapat barulah kita dapat merakit sepeda Fixie, untuk melakukan perakitan dapat dilakukan sendiri atau bisa meminta bantuan toko sepeda tempat kita membeli part sepeda tersebut.

Untuk masalah harga dapat disesuaikan dengan budget masing2, tenang saja harga part Fixie tersebut sangat bervariasi mulai dari  puluhan ribu rupiah hingga ada yang sampai jutaan rupiah, tergantung dari merk dan kualitas part yang ingin dibeli.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Let's Act Beyond Green. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator