Senin, 14 Januari 2013

Trip To Pantai Baron dan Pantai Krakal Kabupaten Gunungkidul

Mencoba untuk menuangkan satu lagi pengalaman yang pernah gue dapet dalam blog ini.  Kali ini gue mau  nulis tentang perjalanan pertama gue mengunjungi daerah Selatan Provinsi DI Yogyakarta tepatnya kabupaten Gunungkidul. Perjalanan ini gue lakukan di akhir tahun 2011, sudah lumayan lama memang tapi gak ada salahnya kan kalo baru gue tulis sekarang.

Awalnya gue gak ada niat sama sekali buat jalan ke Gunungkidul.  Rencana awalnya sih gue cuma mau ke Jogja buat mengunjungi adek gue disana sekalian menghabisakan libur akhir tahun. Tapi setelah gue pikir-pikir mumpung udah di Jogja kenapa gak sekalian aja gue jalan ke Gunungkidul, kenapa gue milih ke Gunungkidul karena kebetulan  bulan maret tahun 2012 kampus gue bakal ngadain Praktek Kerja Lapangan (PKL) disana, yahh itung-itung survei tempat.hehe

Tanggal 24 Desember 2011 gue berangkat dari Jakarta ke Jogja dengan naik Bus Malam Kramat Djati, perjalanan ke Jogja ditempuh sekitar 14 jam kalo gak ada  halangan, oh ya tarif bus dari Jakarta menuju Jogja harganya 150 ribu.

Tepat pukul 5 sore bus yang gue tumpangi pun berangkat dari terminal Rawamangun menuju Jogja , rencananya  nanti gue bakal turun di Terminal Jombor Jogja.  karena ini perjalanan malam jadi sepanjang jalan gue habiskan buat tidur aja deh , di jalan bus yang gue tumpangi sempat berhenti dua kali untuk istirahat, karena gue gak laper dan masih ngantuk jadi gue milih buat gak turun dari bus.

Akhirnya setelah sekitar 17 jam lebih di dalam bus, sedikit telat sampai ke Jogja karena bus sempat kena macet di dalam tol, gue pun sampe ke terminal Jombor, gue nyampe tanggal 25 Desember 2011 pukul 09.20 pagi, di terminal gue dijemput oleh adek gue. dari terminal jombor gue pun langsung cabut menuju ke kosan adek gue buat istirahat dan bersih-bersih.

Berhubung ini bukan kali pertamanya gue ke Jogja jadi gue gak banyak keliling di Jogja di hari pertama gue, paling gue cuma jalan ke Malioboro buat cari batik  sama makan angkringan di sekitar tugu Jogja doang sisanya gue istirahat aja dikosan adek gue karena masih capek karena perjalanan jauh semalem.

Keesokan harinya tanggal 26 Desember 2011, gue berangkat menuju Gunungkidul. tepat pukul 08.00 gue berangkat dengan adek gue, tujuan pertama gue yaitu pantai Baron, perjalanan menuju ke Wonosari (Ibukota Kab.Gunungkidul) ditempuh sekitar 3 jam perjalanan santai dengan mobil, jalan  menuju ke Gunungkidul medannya menanjak dan berkelok-kelok dan sedikit macet mungkin karena kemarin gue kesananya pas libur akhir tahun jadi banyak orang yang mau liburan ke Gunungkidul juga. Pantai Baron terletak di bagian selatan Gunungkidul tepatnya kecamatan Tanjungsari, dari Wonosari menuju ke pantai Baron membutuhkan waktu sekitar setengah jam.

Sepanjang perjalanan ke Gunungkidul kita akan disuguhi pemandangan yang sangat Indah terutama di Bukit Bintang, dari sini kita bisa melihat pemandangan kota Jogja secara keseluruhan, kenapa disebut Bukit Bintang karena jika kita melihat kota Jogja saat malam hari dari atas bukit ini akan terlihat seperti hamparan bintang dilangit yang bersinar.

Sesampainya di Pantai Baron, gue pun langsung disambut dengan udara panas pantai yang menyengat dan pedagang yang menjajahkan berbagai macam pernak-pernik , tapi semua itu gak menghalangi gue buat menikmati keindahan pantai baron, langsung aja gue menuju ke bibir pantai buat merasakan deburan ombak pantai Baron, kebetulan pas gue dateng airnya lagi surut,  jadi gue bisa jalan lumayan jauh dari bibir pantai.

Oh iya di pantai Baron ini merupakan tempat bertemunya air sungai dengan air laut, disana kita dapat melihat sebuah gua kecil  dengan anak sungai yang airnya mengalir menuju ke laut Selatan.  Setelah puas main air dibibir pantai gue pun naik ke atas bukit yang berada disekitar bibir pantai, dari atas bukit ini kita bisa melihat keindahan pantai baron dengan lebih jelas lagi.

Pantai Baron

Poto dari atas bukit dengan latar belakang Pantai Baron
Lumayan lama maen-maen di pantai buat perut gue keroncongan, akhirnya gue putusin buat cari makan dulu, oh ya buat para pencinta seafood pantai Baron wajib dikunjungi nih, soalnya disana dijual berbagai macam jenis makanan seafood yang tentunya fresh from the sea .hehe
disini banyak kios yang menjajahkan seafood buat disantap seperti Rajungan, Lobster, Udang, Cumi-cumi, Kerang, dan berbagai jenis ikan seperti ikan kuwek, tenggiri, kerapu sampai ikan hiu pun ada. disini juga seafood yang kita beli dapat dimasak langsung, bisa dibuat asam manis, saos padang, saos lada hitam, dibakar ataupun digoreng. Soal harga gak usah ditanya deh dijamin murahh banget, gue aja makan Lobster 4 ekor (1Kg), Rajungan 3 ekor (2kg), ikan kuwe 1 ekor (1kg) dimasak asam manis dan dibakar + Nasi sama es kelapa muda buat 2 orang cuma habis 150 rbu doang, coba bandingin kalo kita makan di restoran seafood di Jakarta.
 Kios-kios yang menjajahkan Seafood di Pantai Baron
Setelah perut terisi full dan puas menikmati keindahan pantai Baron perjalanan pun gue lanjutin menuju pantai selanjutnya yaitu pantai Krakal.
Pantai krakal terletak sekitar 10 Km dari Pantai Baron, sepanjang jalan menuju pantai krakal banyak terdapat pantai-pantai lain seperti pantai kukup, pantai drini dan pantai sepanjang, karena keterbatasan waktu gue pun hanya memilih buat mengunjungi pantai krakal, karena disini terdapat banyak trumbu karang di bibir pantainya, dan pasirnya pun putih, dan termasuk salah satu pantai yang ramai dikunjungi.

Setelah 20 menit berjalan dari pantai Baron akhirnya gue pun tiba di Pantai Krakal, disini sangat berbeda dengan pantai Baron, pasirnya putih, ombaknya lebih tenang dan terdapat banyak karang-karang besar ditepi pantai, airnya pun sangat jernih sehingga terumbu karang yang ada di sepanjang bibir pantai bisa terlihat dengan jelas, di pantai ini juga banyak dimanfaatkan oleh anak-anak kecil untuk menagkap ikan-ikan karang dan mencari bintang laut, tapi harap berhati-hati disepanjang pantai ini juga banyak terdapat bulu babi (landak laut) jadi jangan coba-coba untuk berjalan telanjang kaki di sepanjang pantai ini yaa..

Terumbu Karang di Pantai Krakal

Lumayan lama gue bersantai sambil menikmati keindahan Pantai krakal, gak terasa hari pun semakin sore, karena takut sampe ke jogjanya kemaleman akhirnya gue putusin untuk Jalan Pulang ke Jogja.

Sayang cuma dua pantai yang sempat gue datengi kemarin, padahal di Gunungkidul masih banyak terdapat pantai lain yang kata orang lebih indah dari dua pantai yang gue datengin, di Gunungkidul juga terdapat objek wisata lain seperti air terjun Sri Gethuk, Gua pindul, gua Jomblang dan masih banyak lagi yang lain.

Buat yang masih bingung mau liburan atau backpacker kemana gue Rekomendasiin Gunungkidul masuk dalam list tujuan perjalanan kalian, dijamin gak bakal nyesel deh dateng ke Gunungkidul.hehe