Kamis, 10 Januari 2013

Perjalanan ke Barat Pulau Sumatera Part 1 (Pekanbaru)

Mencoba untuk bercerita tentang pengalaman baru yang gue dapet diakhir tahun 2012, sayang kalo hanya dipendam dalam memori, lebih baik pengalaman ini gue tuangkan dalam sebuah tulisan.

Akhir 2012 lalu gue berkesempatan untuk melakukan perjalanan ke barat pulau Sumatera, mungkin bagi sebagian orang hal ini biasa saja tapi bagi gue hal ini merupakan pengalaman yang gak bakal pernah gue lupain, karena inilah perjalanan backpacker gue yang pertama ke daerah yang masih asing bagi gue.

Perjalanan gue dmulai tanggal 25 Desember 2012, dari jakarta gue berangkat ke Pekanbaru dengan pesawat malam, sesampainya di Pekanbaru gue langsung dijemput oleh kakak sepupu gue yang kebetulan memang berdomisili disana, ini kali pertamanya gue menginjakkan kaki di Bumi Melayu Lancang Kuning Provinsi Riau tepatnya kota Pekanbaru. 

Malam itu setelah dijemput dari bandara gue langsung diajak kakak sepupu gue berkeliling menikmati suasana malam kota Pekanbaru, gue takjub sama kota Pekanbaru banyak gedung-gedung bertingkat berdiri megah  disepanjang jalan Sudirman kota Pekanbaru, saking banyaknya gedung bertingkat gue serasa lagi berkeliling kota Jakarta, sangat berbeda dengan kota kelahiran gue kota Palembang, di Palembang masih sedikit sekali gedung-gedung bertingkat.

Setelah puas berkeliling kota Pekanbaru dan mengisi perut, gue dianter kakak sepupu gue kerumah ayuk sepupu (ayuk dalam bahasa palembang artinya mbak), malam ini gue bakal nginep dirumah ayuk sepupu gue, karena dirumah kakak sepupu gue lagi ada ibu mertuanya yang baru dateng dari Palembang.

Salah satu gedung bertingkat di kota Pekanbaru, gedung Bank Riau

Keesokan harinya tanggal 26 Desember gue mencoba untuk berkeliling kota Pekanbaru seorang diri, dengan berbekal informasi dari ayuk gue, gue langsung berpetualang di kota Pekanbaru, tujuan pertama gue ke Perpustakaan Kota Pekanbaru, kenapa gue milih kesana karena menurut gue gedung perpustakaan ini punya bentuk yang menarik dan bagus buat dipoto, Berseberangan dengan gedung Perpustakaan berdiri megah kantor Gubernur Provinsi Riau dan komplek perkantorannya yang menurut gue lebih mirip arsitektur mall daripada kantor.hehe


 Perpustakaan Kota Pekanbaru, ngambil potonya jarak deket jadi gak bisa dapet semua gambar gedungnya


Komplek Kantor Gubernur Riau
 


Nih Gedung Perkantoran Pemerintah Riau, lebih mirip mall kan daripada kantor.hehe

Tepat didepan kantor Gubernur Riau terdapat sebuah bundaran yang ditengahnya berdiri patung dua orang penari melayu yang sedang menari, patung ini juga unik menurut gue.


Patung Penari Melayu di bundaran depan kantor Gubernur Riau

Setelah puas muter-muter sambil liatin gedung-gedung di sepanjang Jalan Sudirman Kota Pekanbaru, perjalanan gue lanjutin ke Mall yang ada di Pekanbaru, salah satu mall besar yang ada di Kota Pekanbaru yaitu Mall SKA. dari jalan sudirman gue naek Trans Pekanbaru menuju ke Mall SKA.
Peta Trayek Trans Pekanbaru

Setelah menunggu lumayan lama di Halte akhirnya dateng juga bus Trans Pekanbaru nya, bus nya hampir sama seperti TransJakarta.  Dari jalan Sudirman ke Mall SKA ternyata lumayan jauh juga perjalannya, setelah berapa lama di dalam bus akhirnya gue sampe juga di Mall SKA.  Sesampainya di SKA gue langsung aja muter2 di dalam mall, gak sampe 15 menit udah selesai gue kelilingin mallnya, memang sih gak terlalu gede mallnya mungkin cuma sebesar Mall Arion klo dijakarta.
Gue baru inget kakak sepupu gue kemarin  ngomong kalo kantornya gak jauh dari mall SKA, akhirnya gue coba telpon doi dan ternyata betul kantor kakak gue gak jauh dari mall SKA, dan kakak sepupu gue bilang mau jemput gue ke Mall.

Gak lama kemudian gue dijemput dan langsung diajak maen kerumah kakak sepupu gue yang ternyata deket dari Mall SKA, sesampainya dirumah doi gue istirahat dulu bentar buat Ishoma dan relaksin kaki sambil nunggu hujan reda.
Setelah nunggu sekitar satu Jam akhirnya hujan pun reda, dan rencananya gue mau lanjutin keliling-keliling Pekanbaru, gayung pun  bersambut gue dikasih pinjem kakak sepupu gue motor buat modal keliling Pekanbaru.hehe :D setelah hujan reda langsung deh gue cabut dari rumah kakak sepupu buat lanjutin tour gue di Pekanbaru.

Ini dia temen gue keliling Pekanbaru, Plat nya masih BG euy :D

Tujuan gue selanjutnya yaitu venue-venue sisa PON Riau kemarin, dan ternyata dari rumah kakak gue ke Stadion utama PON Riau deket banget coy, cuma jalan sekitar 5 menit aja udah nyampe.

Narsis dulu dikit di depan Stadion Utama Riau.hehe

Setelah puas muter-muter di Stadion utama gue lanjutin perjalan gue ke Spot Venue PON lain. Tujuan gue selanjutnya ke Rumbai Sport Center yang kemarin sempet ngetop di tipi.hehe
Dengan bermodalkan GPS Mulut (Nanya-nanya sama org dijalan.red) akhirnya sampai juga gue di kawasan Rumbai Sport Center yang tersohor itu.hehe  Agenda Pertama gue disini tak lain dan tak bukan yah poto-poto dulu dong.hehe
Setelah puas poto-poto langsung gue keliling-keliling ke venue olahraga yang ada disana, miris banget gue liat keadaan venue olahraga disana, keadaannya sangat tidak terawat dan sangat terbengkalai malah di beberapa venue olahraga sudah ada yang atapnya roboh, dan di kawasan Rumbai Sport Center ini juga dijadikan oleh anak-anak muda tempat buat trek-trekan motor, takut ada apa-apa (soalnya gue bawa motor gede) jadi  gue gak lama-lama disana, abis keliling gue langsung cabut ke tempat lain. 

Ini poto gue di depan Stadion Sepakbola Kaharuddin Nasution Rumbai Sport Center (Jelek nih potonya pake timer sih.hehe )

Oke lanjut...setelah dari Rumbai Sport center perjalanan gue lanjutin ke Danau Kayangan tempat Venue Ski air, tapi sayangnya bukannya sampai ke tu Danau gue malah nyasar ke tempat laen, untung masih bisa balik, akhirnya gue nyerah buat nyari tu danau dan lanjut keliling lagi.
Dari Rumbai Sport center gue mau lanjut jalan ke Mesjid An-Nur Pekan baru, kata orang-orang sih bentuk Masjidnya mirip-mirip sama Taj mahal di India, itu yang buat gue penasaran buat kesana.
Sepanjang jalan dari Rumbai ke Masjid An-Nur gue sempat lewat di Jembatan Siak yang membentang diatas Sungai Siak yang membelah kota Pekanbaru, ditengah perjalanan, gue juga sempat berenti sebentar buat makan duren di Pasar bawah Pekanbaru, Pasar bawah memang terkenal sebagai Pasar wisata di Pekanbaru, setelah ngabisisn tiga biji duren ukuran sedang (Maklum laper.hehe) gue lanjut jalan ke Mesjid An-Nur, ternyata lokasi Mesjidnya ada di daerah Jalan Sudirman deket dari Bundaran, ini Mesjid rame banget, banyak orang-orang jogging sore, nongkrong, jualan macem-macem di Depan ni Mesjid, langsung aja gue parkir motor dan masuk ke mesjid buat istirahat bentar dan Shloat Ashar.

Sehabis sholat gue keliling bentar di komplek mesjid An-Nur, memang sih mirip-mirip sama taj mahal tapi versi kecilnya. Di komplek Mesjid ini juga  berdiri sekolah SD, SMP, SMA islam, emang luas banget komplek ni mesjid.

Poto diambil  waktu dateng kedua kalinya ke Mesjid An-Nur (Sayang kolamnya udah kering trus aer mancurnya gak idup) 
Setelah puas muter-muter di komplek mesjid gue putusin buat mengakhiri tour gue keliling Pekanbaru hari ini, mengingat hari juga sudah mulai gelap, dan malamnya gue harus packing buat nyiapin perjalanan gue besok ke Bukittinggi, Dari mesjid An-Nur gue jalan balik ke rumah kakak sepupu buat balikin motor, dan gue balik kerumah ayuk sepupu dianter oleh kakak sepupu gue.
Inilah Akhir Perjalanan gue dihari Pertama di Barat Pulau Sumatera keliling Kota Pekanbaru. Let's Prepare for Next Trip Bukittinggi.... 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Let's Act Beyond Green. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator