Rabu, 08 Februari 2012

Sejarah dan Asal-Usul Suku Gumay Sumatera Selatan

Setiap kali menuliskan nama lengkap saya Armula Pratama Gumay seringkali teman-teman bertanya "Apa sih Gumay itu?" dan ada juga yang bertanya " Itu marga kamu ya?" saya pun langsung tersenyum mendengar pertanyaan teman-teman saya itu, ada rasa bangga yang amat sangat besar ketika orang menanyakan arti Gumay kepada saya, bangga kepada orang tua saya karena telah memberi saya marga ini dan bangga kepada leluhur saya Puyang Gumay karena telah membesarkan nama Gumay sehingga banyak anak cucu keturunan Gumay yang telah menjadi orang yang sukses dan menyebar ke seantero Nusantara bahkan sudah sampai menjelajah ke Negeri orang. 

Penjelasan saya tentang sejarah suku Gumay ini saya kutip dari laporan penelitian saudara satu marga saya yaitu Adi Gumay di FIB UGM, saya sangat senang ternyata banyak saudara saya sesama anak cucu Gumay yang peduli dengan sejarah Keluarga Gumay, saya berharap semakin banyak penelitian yang lebih lanjut tentang sejarah Gumay agar nama besar Gumay tidak hilang di telan zaman dan kelak menjadi kebanggaan bagi anak cucu kita ketika menggunakan Marga Gumay di akhir namanya.


Suku Gumai dan Sejarahnya
Suku Gumai adalah salah satu suku yang mendiami daerah di Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan. Adapun penulisan suku Gumai saat ini lebih dikenal dengan sebutan/penulisan “GUMAY”. Suku Gumai bukan saja sebagai identitas diri seseorang dalam hal nama, akan tetapi juga merupakan identitas asal daerah, identitas daerah serta identitas keturunan. [P] Tidak semua orang yang menggunakan nama Gumai atau Gumay menetap di Gumai (dalam hal ini di Kabupaten Lahat), bisa saja orang/person yang menggunakan nama Gumai/Gumay, baik di depan ataupun dibelakang namanya adalah orang – orang yang seumur hidup tidak pernah melihat daerah Gumai/Gumay itu sendiri. Penggunaan nama yang di sandingkan didepan/dibelakang nama seseorang itu sendiri menunjukkan tepat asal, keturunan ataupun nama keluarga. Bisa salah satunya dan bisa juga ketiga – tiganya.
Menurut cerita dari tetuah-tetuah dusun di kampung Gumai ,serta beberapa catatan suku Gumai  merupakan keturunan  anak cucu dari Puyang Diwe Gumay mendiami daerah yang cukup luas dalam bentuk dusun. Yang akhirnya tumbuh menjadi tiga marga sebagai sub dari suku Gumay, antara lain :

  1. Gumay Lembak, yang terletak di kecamatan Pulau Pinang. Tepatnya berkedudukan di Lubuk Sepang
  2. Gumay Ulu, terletak di kecamatan Pulau Pinang. Berkedudukan di Tinggi Hari.
  3. Gumay Talang, terletak di kecamatan Kota Lahat, tepatnya di Langu-Endikat.

Meskipun demikian, sejarah menunjukan ketiga marga Gumay ini tetap dalam satu kesatuan keluarga Gumay dibawah pimpinan adat Jurai Tue (Jurai Kebalikan).
Saya sendiri mendapatkan marga Gumay dari keturunan Pihak ayah, ayah saya berasal dari Lahat tepatnya kecamatan Jarai dusun Aromantai. dan menurut silsilah dari keturunan gumay ayah saya merupakan subbagian suku Gumay Ulu.

I. ASAL KETURUNAN GUMAY LEMBAK

Puyang Muke Akhahan yang sangat legendaris dan di panggil Kerie Sindang Matahari, pimpinan Gumay Jurai ke-XIII mempunyai 8 anak, 7 laki-laki dan 1 perempuan. Anak-anak ini lah yang akan menjadi cikal bakal keturunan Gumay Lembak untuk membangun dusun.

  1. Atungkal Diwe, anak tua bertempat di dusun Bapak yaitu di Lubuk Sepang.
  2. Gune Raja, berpindah ke Endikat. Yang akhirnya menikah dengan Putri Langu. Yang akhirnya menjadi cikal bakal marga Gumay Talang.
  3. Puyang Abawan, bertempat di dusun Tanjung Sirih. tepatnya dipinggiran Ayik Lim bersama keturunannya.
  4. Puyang Bigih, bertempat dan berkeluarga didusun Kuba.
  5. Puyang Pandan, putri satu-satunya dari Puyang Muke Akhahan yang bersuami ke Bandar Agung.
  6. Puyang Bile Raje, bertempat dan berkeluarga di dusun Pulau Pinang.
  7. Puyang Bile Bujang, bertempat diseberang dusun Pulau Pinang. tepatnya didusun Tanjung Mulak beserta keluarganya.
  8. Puyang Bile Pantas, mengambil anak didusun Germidar Pagar Gunung yang akhirnya mengikuti Jurai orang Pagar Gunung.
diperkirakan Puyang Bigih bukan hanya bertempat didusun Kuba tetapi juga didusun Karang Dalam Ulu, Jati, Pagar Batu dan Muara Siban".

II. ASAL MULA KETURUNAN GUMAY ULU.

Puyang Panjang yang mempunyai dua orang anak laki-laki, yakni : Puyang Muke Akhahan dan Puyang Yal Binguk.

Puyang Yal Binguk menjadi pendiri keturunan Gumay Ulu didusun Lubai. Puyang Yal Binguk naik ke Ulu menelusuri Ayik Lim membuat permukiman baru setelah memperistri Putri Tebing Plawi yang disebut dusun Lubai.

Yang akhirnya Puyang Yal Binguk mempunyai 5 orang anak laki-laki :

  1. Kerie Sendan, bertempat dan menetap di Tunggu Tubang (Lubai).
  2. Kerie Dayang, menetap di Lubuk Sele.
  3. Kerie Muksin, menetap di Serungge setelah beristri orang Marga Kikim.
  4. Kerie Tiron menetap didusun Muara Dua Pagar Gunung, setelah mengambil anak.
  5. Kerie Taron, mengikuti kakak (Kerie Tiron) ke Muara Dua Pagar Gunung.

III. ASAL MULA KETURUNAN GUMAY TALANG.

 
Puyang Gune Raje yang bertempat di Dusun Lubuk Sepang. Puyang Gune Raje memperistrikan Dayang Intan Putri Ratu Langu, yang merupakan adik kandung dari Pekik Nyaring. Setelah menikah Puyang Gune Raje menetap di Langu dan dusun Lubuk Sepang sebagai dusun asal mula tempat kembali ( bada balik ).


Namun Ratu Langu menganjurkan kepada Puyang Gune Raje dan istrinya untuk membangun permukiman baru. Yang akhirnya bertempat di Endikat, yang menurut mereka merupakan daerah yang cocok.


Dari dusun Endikat ini lah keturunan Puyang Gune Raje berkembang dan membentuk Marga baru yakni Marga Gumay Talang yang tetap dibawah naungan sistem pemerintahan dan adat Gumay, bersama Gumay Lembak dan Gumay Ulu yang merupakan keturunan Puyang Diwe Gumay setelah meluaskan jaringan keluarganya menjadi Gumay Tige Jukhu : Gumay Lembak, Gumay Ulu dan Gumay Talang. 

19 komentar:

Jimmybotak mengatakan...

assalamualaikum.
saya juga keturunan gumay..
namun sayang bapak saya tak memberi marga gumay namun kakek saya memberi marga gumay pada anak pertamanya yaitu kakak nya bapak saya...
yang saya tanyakan apakah boleh organisasi IKG(ikatan keluarga gumay) menerima anggota yg tanpa marga GUMAY namun kturunan gumay..

jimmy.juwanda@yahoo.com anda bs email saya

Armula Gumay mengatakan...

Terima kasih mas jimmy penjelasan selengkapnya sudah saya kiri ke email, semoga bermanfaat :)

Unknown mengatakan...

Assalamu’alaikum wr.wb.,

Perkenalkan Nama saya Nanda Amir arianto saya cucu dari H.A.Zubirman Amasin..

blog yang sangat bermanfaat..

salam kenal :)

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum mas..

Saya sndiri msh bingung loh sm marga Gumay ini.. Sebetulnya keturunan Gumay ini ada hubungannya sama Portugis? Tolong kasih ceritanya yaa :))

axel.gumay@hotmail.com bisa dikirim ke email saya mas

Unknown mengatakan...

assalam. mau nanya, dimana bisa mendapatkan silsilah dari gumay talang?saya cuma tau saya dari jalur kturunan gumay talang tapi silsilah lengkapnya saya tidak tahu.

Unknown mengatakan...

assalamualaikum..
perkenalkan saya delly asli jeme lahat.
oya terimaksih atas catatannya, semoga berkenaan untuk saya jadikan referensi dalam tulisan saya,, jika saya boleh meminta daftra pustakanya. terimakasih sebelumnya..

adigumay mengatakan...

@ armula & teman2 : nama asli saya juga tidak pakai "GUMAY", tapi di dunia maya, saya pakai nama ini...@ Nanda : aku anak nek Rustam di Merinim Nda..@ Delly : search nama "MINAKO SAKAI", peneliti S3 dari Australia yang tesisnya tentang GUMAI..

Anonim mengatakan...

saya merupakan salah satu keturunan gumay. dibilang ibu kebanyakan gumay lembak dak memakai nama belakang gumay. kalau saya dari desa pulau pinang :) salam kenal

Anonim mengatakan...

Puyang Muke Aghahan dan Puyang Yal Bingkok adalah anak dr Puyang Remanjang Sakti, bukan anak dr Puyang Panjang trm ksh

Anonim mengatakan...

Bisa kirim ya mengenaai hasil penelitiannya ke celestaqu@gmail.com persebaran gumai hingganke pesisir bengkulu

MEDIA ILMU mengatakan...

Oya,Alhamdulillah saya juga ikut baca ini artikel,siip ! akan tetapi coba bercoparasi degan blog ini,siapa tau ada manfa'atnya.http://gumaynianpo.blogspot.com/2011/08/sejarah-pemimpin-diluar-pemimpin-adat.html

Unknown mengatakan...

salam .... dari saya

Unknown mengatakan...

mau tanya IKGnya sendiri kumpul dimana karna saya keturunan gumay,

Unknown mengatakan...

mau tanya IKGnya sendiri kumpul dimana karna saya keturunan gumay,

Unknown mengatakan...

maaf aku dri lahat asal aku dri gumay talang
nma dusun aku sugiwaras
apakah mungkin itu crita yg sesungguhnya
cz aku msh dulur dri mang romsah dukun d gumay talang

trimakasih :)

aan-photography mengatakan...

terimakasih kang infonya.... kira-kira tahun berapa kang sejarah ini,

Ivan Pasla mengatakan...

Assalamuallaikum wr. wb nak betanye, aq dide makai gumay dibelakang name tapi PASLA ( Pasemah Lahat ) itu uji ndung bapang ku.. Nining lanang ku namenye Alm. Mahmudun (Purn. Veteran Kemerdekaan)iyu saje, salam hangat dan kenal dari keturunan gumay.

Unknown mengatakan...

Masukkan komentar Anda...ipank Pasla, Lahat itu bukan pasma ,tapi gumay dan semidang sikunya,gumay dan semidang due berading kandung.sedang Besemah atau pasma itu letaknya di pagar alam .di pagar alam pun banyak keturunan gumay

Anonim mengatakan...

mashaallah bangga kali aku masih ada keturunan dari gumay talang, nek anang aku jeme lahat asli

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Let's Act Beyond Green. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator