Selasa, 07 Agustus 2012

Apakah Pejalan Kaki Dilarang Tinggal di Jakarta?

Jakarta oh Jakata, sebuah kota Megapolitaan terbesar di Indonesia, semua pusat kegiatan bangsa ini terpusat di kota ini, tidak dipungkiri sebagai Ibukota negara kota ini mempunyai peran penting di Indonesia, tapi dibalik kemegahannya masih banyak yang perlu dibenahi dari kota Megapolitan ini, berbagai masalah timbul di kota ini.  Banjir, Macet, Tingginya tingkat kriminal, pengagguran, pengemis dan gelandangan, serta masalah sosial lainnya.

Salah satu masalah klasik di kota ini adalah kemacetan yang semakin bertambah parah, hal ini diakibatkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat Jakarta untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan kendaraan umum.  Berbagai solusi telah dilakukan oeh Pemkot DKI untuk menyelesaikan masalah kemacetan di Jakarta.  Diantaranya dilakukannya pembangunan jalan layang dan pelebaran jalan di tiap ruas jalan protokol di Jakarta, tetapi hal tersebut menimbulkan sebuah masalah baru bagi masyarakat Jakarta.

Proyek pelebaran jalan di Jakarta dilakukan secara massive dan tidak memikirkan dampak yang ditimbulkan serta pihak yang dirugikan dari kegiatan tersebut. Salah satu dampaknya adalah hilangnya sebagian besar trotoar di Jakarta untuk dialih fungsikan menjadi jalan raya dan pihak yang paling dirugikan disini adalah para Pejalan Kaki yang ada di Jakarta, mereka telah kehilangan Hak nya di Kota Jakarta , sebagai akibat arogansi Pemkot DKI yang lebih mementingkan kepentingan pengguna kendaraan bemotor dibanding hak pejalan kaki di Jakarta.

Mungkin bisa dikatakan sekarang Pemprov DKI sedang menjalankan kebijakan baru untuk mengurangi jumlah pejalan kaki di Jakarta.  Salah satu caranya adalah dengan menghapus/menghancurkan trotoar-trotoar yang ada dan menggantinya dengan jalan raya. Dengan kebijakan ini maka tidak akan ada tempat lagi bagi pejalan kaki dan hanya mereka yang punya kendaraan bermotor saja yang akan difasilitasi.  Dengan kata lain pejalan kaki dilarang tinggal di Jakarta. 

Inilah beberapa gambaran kebijakan Pemkot DKI untuk mengurangi julmah pejalan kaki di Jakarta.

Foto pembongkaran trotoar di depan RS Fatmawati

Foto pembongkaran trotoar di depan RS Fatmawati

 Kembalikan Hak Mereka

RIP Trotoar

RIP Trotoar


1 komentar:

Anonim mengatakan...

iya tuh om, daerah situ macet banget, makin macet lagi gara gara bongkaran trotoar

Posting Komentar

 
Copyright 2009 Let's Act Beyond Green. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator